Senin, 14 September 2015

Diving Raja Ampat, Surganya Wisata Laut Indonesia

Diving Raja Ampat, Surganya Wisata Laut Indonesia

 

Ada sejumlah tempat diving Raja Ampat yang dapat dikunjungi. Diving di Raja Ampat akan menunjukkan kepada Anda paling sedikit 1500 spesies ikan, 537 spesies koral, dan 699 hewan tak bertulang belakang yang dapat Anda temukan di alam bawah laut Raja Ampat. Keindahan bawah laut Raja Ampat ini diakui internasional sebagai salah satu dari 10 situs penyelaman terbaik di dunia. Dengan total luas wilayah perairan dan darat di Raja Ampat yang mencapai 40.000 km2, 80% adalah perairan.
Baca juga artikel yang mengupas tentang tempat-tempat wisata Raja Ampat.
Kegiatan diving dan snorkeling di Raja Ampat telah menjadi fokus wisata dunia. Ini tidak mengherankan karena stakeholders wisata di Indonesia sedang gencar-gencarnya membangun reputasi kepariwisataan di Indonesia. Terlebih di Raja Ampat. Saat ini, terdapat sejumlah paket diving Raja Ampat yang dapat Anda pilih. Biro-biro perjalanan pada umumnya telah mengemas paket diving Raja Ampat dengan menggunakan liveaboard. Tempat-tempat diving Raja Ampat dan rute diving sangat tergantung pada kondisi arus dan kejernihan air pada saat paket trip diambil.

Resort Raja Ampat dan Diving

Resort Raja Ampat untuk diving dan snorkeling
Resort Raja Ampat untuk diving dan snorkeling
Kegiatan diving Raja Ampat telah dipersiapkan dengan baik oleh resort-resort di Raja Ampat. Anda sebaiknya menginap di resort diving yang memang telah menyediakan berbagai peralatan, fasilitas, dan guide untuk penyelaman terbaik kepada Anda. Baca juga artikel yang mengulas tempat diving di Pulau Wayag Raja Ampat.
Jika Anda berangkat ke Raja Ampat dan telah menentukan pilihan menginap di salah satu resort Raja Ampat, maka jangan ragu untuk meminta staf atau petugas resort tersebut menjemput Anda di Pelabuhan Waigeo.

Resort Raja Ampat
Resort Raja Ampat

Ada sejumlah resort diving di Raja Ampat. Misalnya Raja Ampat Dive Resort, resort ini terletak di Pulai Waisai. Yang lainnya, misalnya Misool Eco Resort. Resort ini adalah resort selam serta merangkap sekaligus sebagai pusat konservasi yang terletak di selatan Raja Ampat. Kamar-kamar di resor ini terletak di tengah kepulauan tak berpenghuni yang kaya akan aneka satwa laut.
Jika Anda mencari penginapan murah di Raja Ampat, maka Anda sebaiknya pergi ke ibu kota kabupaten Raja Ampat, yaitu Waigeo. Di Waigeo ini terdapat Achropora, yang merupakan cottage milik pemerintah daerah. Ada juga losmen serta beberapa homestay di rumah penduduk.

Snorkeling dan Diving Raja Ampat

Di Raja Ampat, sebenarnya cukup hanya dengan memakai snorkel saja Anda dapat melihat dari dekat ikan pari besar atau disebut juga dengan manta-ray. Ikan pari manta ini memiliki tubuh dengan lebar lebih dari 2 m. Alam bawah laut Raja Ampat juga dihuni oleh ikan paus dengan tubuh sepanjang 4 m.
Ikan Pari Manta saat diving Raja Ampat
Ikan Pari Manta saat diving Raja Ampat

Tempat snorkeling Raja Ampat yang penuh dengan ikan pari manta dikenal sebagai manta reef. Tempat ini begitu terkenal di para pecinta wisat laut. Tempat ini juga memiliki arus yang cukup kuat, tetapi terdapat banyak pari manta yang dapat Anda saksikan di bawah laut sana. Dari lokasi manta reef Anda dapat melanjutkan kegiatan snorkeling untuk menyaksikan rumah karang yang terdapat di Pulau Kri.
Sebagaimana yang diketahui, Raja Ampat adalah pusat segitiga karang dunia (poros yang mencakup perairan kaya karang di Indonesia, Filipina, Malaysia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Australia). Hal inilah yang membuat laut di daerah ini menjadi demikian kayanya akan aneka biota laut.
Perahu untuk diving di Raja Ampat
Perahu untuk diving di Raja Ampat

Di Raja Ampat, Anda dapat menyewa perahu panjang dengan biaya sekitar Rp 6 juta selama 10 hari, ini sudah termasuk dengan bahan bakar. Jika Anda ingin meneruskan perjalanan sampai ke utara Raja Ampat, yakni ke sekitar Pulau Wayag, maka Anda perlu menyiapkan bahan bakar sebanyak 1,200 liter. Perlu diketahui bahwa jarak satu trip adalah 250 km. Untuk mendapatkan perahu panjang, Anda dapat mengunjungi dermaga kecil. Sesampainya di dermaga, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi tentang orang-orang yang terpercaya dan mengetahui tempat snorkeling yang bagus.

Rute Transportasi ke Raja Ampat

Setiap hari pada pukul 14.00 WIB akan ada kapal cepat Marina Express dan feri yang melayani penumpang untuk tujuan dari Sorong ke Waisai. Waisai adalah ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 2,5 jam. Jika Anda berangkat dari Jakarta, maka penerbangan Jakarta – Sorong akan dilayani oleh maskapai Express Air, Batavia Air, dan Lion Air. Perjalanan udara ini akan membutuhkan waktu sekitar 5,5 jam. Jika Anda ternyata memilih lewat jalur laut, maka tersedia kapal penumpang PT Pelni yang berlayar selama 3 hari denga rute perjalanan Jakarta – Sorong.

0 komentar:

Poskan Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com