Jumat, 04 September 2015

Inilah 10 Wisata Pantai di Jawa Timur Paling Populer

Inilah 10 Wisata Pantai di Jawa Timur Paling Populer

 

Pesona wisata pantai di Jawa Timur telah dikenal melalui sejumlah pantainya yang populer, sebut saja di antaranya Pantai Pasir Putih di Situbondo, Pantai Teleng Ria di Pacitan, hingga Pantai Plengkung di Banyuwangi.
Berbagai destinasi wisata pantai di Jawa Timur memiliki karakternya yang beranekaragam. Ada yang cocok sebagai tempat berselancar seperti Pantai Plengkung dan Pantai Pulau Merah di Banyuwangi, ada pula yang pantai yang recommended untuk wisata keluarga di Jawa Timur. Beberapa pantai Jawa Timur yang eksotik dapat Anda temukan di sejumlah daerah, dari Jember hingga Pacitan.

Wisata Pantai di Jawa Timur

Berikut ini adalah sejumlah tempat wisata pantai di Jawa Timur yang paling populer dan patut Anda kunjungi.

1. Pantai Popoh di Tulungagung

Terletak sekitar 30 mm sebelah selatan kota Tulungagung, pantai Popoh adalah salah satu tempat wisata di Tulungagung paling menawan. Pantai di Jawa Timur yang satu ini berbentuk seperti sebuah teluk dan berada di ujung timur pegunungan Kidul. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Pantai Popoh sebesar Rp 3 ribu per orang, belum termasuk tiket parkir kendaraan.

Pantai Popoh di Tulungagung
Pantai Popoh di Tulungagung

Panorama gunung yang seolah mengitari kawasan pantai ini menjadi pesona indah yang dapat Anda temukan di Pantai Popoh Tulungagung. Tak ayal, tatkala hari libur dan hari besar, pantai Popoh menjadi penuh dengan kunjungan wisatawan. Tidak hanya wisatawan domestik, para turis mancanegara pun datang mengunjungi salah satu pantai terindah di Jawa Timur ini.

2. Pantai Pelang di Trenggalek

Pantai Pelang ini terletak di Kecamatan Panggul, Trenggalek. Pesona pantai di Jawa Timur ini ada pada bebukitan dan hamparan pasirnya yang menawan. Lokasi pantai yang berada di kawasan pegunungan menciptakan hawa udara yang begitu sejuk dan menyegarkan. Pantai Pelang adalah pantai yang tergolong alami di Jawa Timur, jauh dari tangan-tangan usil manusia. Panorama paling memikat dapat Anda temukan tatkala menaiki puncak bukit, lalu memandang pesona indah kawasan pantai ini dari gardung pandang yang tersedia di puncak bukit tersebut.

Pantai Pelang di Trenggalek
Pantai Pelang di Trenggalek

Dalam radius sekitar 30 meter, ada air terjun yang memberi perbedaan teritori antara pantai Pelang dengan pantai lain di dekatnya. Air terjun ini dinamakan sebagai air terjun Pantai Pelang. Airnya sangat menyegarkan, tak lepas karena area di sekitarnya penuh dengan pepohonan.
Lokasi pantai Jawa Timur yang satu ini berada sekitar 56 km dari pusat kota Trenggalek atau berjarak sekitar 118 km dari Blitar. Untuk dapat masuk, Anda harus membeli tiket masuk Pantai Pelang sebesar Rp 7.500 per orang.

3. Pantai Pasir Putih di Situbondo

Pantai Pasir Putih di Kabupaten Situbondo ini terkenal akan hamparan pasirnya yang putih. Topografi pantai yang melengkung dan menghadap laut dengan latar belakang hutan menyuguhkan gugusan panorama yang sungguh memikat. Pantai di Jawa Timur yang satu ini adalah salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang populer. Banyak kegiatan menarik yang dapat dilakukan di pantai ini, di antaranya berenang, menyewa perahu untuk berkeliling pantai, hingga menikmati aneka kuliner di sekitar pantai.

Pantai Pasir Putih di Situbondo
Pantai Pasir Putih di Situbondo

Letak pantai yang strategis di antara Surabaya – Banyuwangi turut berkontribusi terhadap konversi jumlah kunjungan wisatawan ke pantai di Situbondo ini. Bagi para penikmat perjalanan yang dari Surubaya menuju Bali atau dari Banyuwangi menuju Gunung Bromo, pada umumnya datang dan singgah di pantai Pasir Putih di Situbondo untuk bersantai, terlebih menikmati suguhan matahari terbenam (sunset) yang indah.
Anda dapat memasuki kawasan wisata Jawa Timur ini dengan membayar tiket masuk Pantai Pasir Putih di Situbondo sebesar Rp 5 ribu per orang, belum termasuk biaya parkir kendaraan.

4. Pantai Puger di Jember

Pantai Puger adalah tempat wisata di Jember yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Objek wisata pantai di Jawa Timur yang satu ini adalah sebuah destinasi favorit kaum muda di Jember sebagai tempat hiburan yang disukai.

Pantai Puger Jember
Pantai Puger Jember

Selain itu, pantai Puger juga adalah pantai yang tepat bagi Anda yang memiliki hobi memancing di laut. Anda dapat menjumpai Tempat Pelelangan Ikan di pantai ini yang menjual ikan-ikan segar. Di sekitar kawasan Pantai Puger, terdapat Cagar Alam Puger Watangan yang memiliki pesona sumber air kucur.
Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Pantai Puger sebesar Rp 3 ribu per orang, menjadi Rp 5 ribu pada hari lbur, ini belum termasuk tiket parkir kendaraan.

5. Pantai Bandealit di Jember

Inilah pantai di Jember yang disukai sebagai tempat melakukan olahraga air sepert body surfing. Untuk body surfing, Anda dapat menyewa perlengkapan yang telah disediakan oleh pihak pengelola pantai. Pantai Jawa Timur yang satu ini adalah bagian dari kawasan Taman Nasional Meru Betiri, dan tentu saja pantai Bandealit adalah objek wisata yang paling diminati di kawasan tersebut.

Pantai Bandealit di Jember
Pantai Bandealit di Jember

Aneka kegiatan menarik yang dapat dilakukan di salah satu pantai di Jawa Timur ini adalah menyusuri sungai menggunakan speedboat, berkano, atau melihat burung yang banyak hidup di kawasan tersebut. Selain panorama pantai dan kegiatan air, beberapa objek wisata menarik di kawasan pantai ini di antaranya adalah penangkaran rusa timor serta Green House.
Di Green House, Anda dapat melihat koleksi tanaman bunga anggrek. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Taman Nasional Meru Betiri sebesar Rp 4 ribu per orang.

6. Pantai Klayar di Pacitan

Terletak di Kecamatan Donorojo, berjarak sekitar 35 km dari kota Pacitan, wisata Pantai Klayar menyuguhkan Anda hamparan pasir putih, batu karang yang menyerupai Sphinx, karang bolong, seruling laut, dan air mancur alami setinggi 10 meter.

Pantai Klayar di Pacitan
Pantai Klayar di Pacitan

Inilah salah satu objek wisata pantai di Jawa Timur yang pernah dijadikan sebagai destinasi berlibur oleh mantan presiden SBY dan keluarga beberapa bulan lalu saat tulisan ini dibuat. Pesona pantai Klayar di Pacitan sungguh memikat, membuatnya menjadi salah satu objek wisata di Pacitan yang diandalkan. Untuk dapat masuk, Anda harus membeli tiket masuk Pantai Klayar sebesar Rp 3 ribu per orang, belum termasuk biaya parkir kendaraan.

7. Pantai Teleng Ria di Pacitan

Dari pusat kota Pacitan, Anda dapat sampai di salah satu pantai di Jawa Timur ini dengan waktu 5 menit saja atau berjarak sekitar 3.5 km. Di Pacitan, pantai Teleng Ria adalah destinasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. Selain itu, inilah pantai di Pacitan yang tepat bagi Anda yang hendak belajar surfing.

Pantai Teleng Ria di Pacitan
Pantai Teleng Ria di Pacitan

Hamparan pasir yang indah serta ombak laut yang relatif tenang membuat pantai ini menjadi destinasi favorit bagi banyak keluarga untuk menghabiskan waktu liburannya. Anda dapat bermain di tepi pantai, berenang, dan melakukan banyak kegiatan menarik lainnya.
Tersedia persewaan papan selancar atau bahkan papan boogie, sebuah papan surfing dengan panjang maksimal 4 kaki. Papan boogie ini dulu biasa digunakan oleh anak-anak sebelum akhirnya mereka mahir berselancar, namun kemudian berkembang menjadi salah satu bentuk selancar profesional. Untuk dapat masuk, Anda harus membeli tiket masuk Pantai Teleng Ria sebesar Rp 5 ribu per orang.

8. Pantai Watu Dodol di Banyuwangi

Watu dodol terletak di Desa ketapang, lokasinya tidaklah jauh dari pelabuhan Ketapang, hanya berjarak 2 km, dan posisi Watu Dodol ini dekat dengan jalan utama menuju Taman Nasional Baluran. Pemandangan di kawasan pantai Watu Dodol begitu indah, Anda dapat menyaksikan pemandangan pantai yang menawan di sepanjang jalan dengan bebukitan yang berada di seberangnya.
Gradasi warna laut juga menarik untuk dinikmati oleh mata sambil merasakan hembusan angin yang seolah tidak kenal lelah berhembus menghampiri setiap pengunjung yang berada di salah satu destinasi wisata pantai di Jawa Timur ini.

Pantai Watu Dodol di Banyuwangi
Pantai Watu Dodol di Banyuwangi

Dari lokasi Watu Dodol, Anda bahkan dapat melihat Pulau Bali. Lalu lalang kapal feri yang menghubungkan Bali dengan Jawa akan dapat terlihat di kejauhan, selain pula kapal-kapal barang yang besar yang bersandar di pelabuhan Tanjung Wangi yang berada di sebelah Watu Dodol ini. Untuk dapat masuk, Anda harus membeli tiket masuk Pantai Watu Dodol sebesar Rp 1.000 per orang, dan untuk biaya masuk kendaraan sebesar Rp 2 ribu.

9. Pantai Plengkung di Banyuwangi

Pantai Plengkung adalah pantai di Banyuwangi yang terkenal sebagai pantai terbaik untuk surfing. Destinasi wisata pantai Jawa Timur yang satu ini adalah bagian dari Taman Nasional Alas Purwo. Pantai Plengkung memiliki reputasi pantai yang terkenal hingga ke mancanegara sebagai tempat surfing. Jika Anda ingin surfing di pantai ini, maka bulan Mei hingga Otober adalah medio terbaik untuk surfing, dan banyak wisatawan asing dari Bali berkunjung ke pantai Plengkung ini.

Pantai Plengkung di Banyuwangi
Pantai Plengkung di Banyuwangi

Di kawasan pantai ini, tersedia banyak cottage dan jungle camp. Pantai Plengkung adalah salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang telah dikenal luas oleh publik dunia. Pantai Plengkung dijuluki “The Seven Giant Waves Wonder” oleh peselancar asing karena memiliki 7 gulungan ombak hingga 6 meter tingginya. Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Taman Nasional Alas Purwo (pantai Plengkung adalah bagian taman nasional ini) sebesar Rp 3.500 per orang.

10. Pantai Tambakrejo di Blitar

Pantai Tambakrejo terletak di selatan kota Blitar, berjarak sekitar 30 km dari pusat kota, tepatnya di Desa Tambakrejo Kec. Wonotirto. Tempat wisata Blitar yang satu ini ini memiliki ombak laut yang relatif tenang, dengan demikian banyak keluarga datang menikmati wisata di pantai ini dengan berenang dan bermain.

Pantai Tambakrejo di Blitar
Pantai Tambakrejo di Blitar

Di pantai ini, saat pagi hari Anda akan mendapati nelayan-nelayan yang baru pulang melaut dengan hasil tangkapan ikan-ikan segar, tepatnya di Tempat Pelelangan Ikan yang ada di pantai Jawa Timur yang satu ini. Jika Anda suka, Anda dapat membelinya langsung di sana.
Di kawasan bibir pantai Tambakrejo di Blitar ini juga terdapat kampung nelayan dengan perahu-perahu nelayan, mencari ikan merupakan sumber mata pencarian warga di sekitar pantai Tambakrejo. Untuk dapat masuk, Anda harus membeli tiket masuk Pantai Tambakrejo sebesar Rp 3 ribu per orang.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com