Sabtu, 12 September 2015

Ini 6 Spot Menarik Wisata Kaliurang di Kaki Merapi Jogja

Ini 6 Spot Menarik Wisata Kaliurang di Kaki Merapi Jogja

Destinasi wisata Kaliurang menyuguhkan Anda akan sebuah keindahan alam nan memikat di kaki Gunung Merapi Jogjakarta. Inilah salah satu pesona dari sejumlah tempat wisata di Jogja yang populer di kalangan penikmat perjalanan. Secara administratif, Kaliurang terletak di Desa Hargobinangun, Kec. Pakem, Sleman, Jogjakarta. Daerah ini berada di ketinggian sekitar 900 meter dpl pada arah selatan Gunung Merapi dan berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta. Kontur wilayah yang berada di dataran tinggi membuat suhu udara di Kaliurang begitu sejuk dengan kisaran suhu antara 20 hingga 25 derajat Celcius.
Perjalanan menuju kawasan wisata Kaliurang memberikan Anda suguhan panorama yang mengagumkan, dengan gunung menjulang tinggi, bentang alam nan hijau di sebelah kanan dan kiri jalan, serta udara yang begitu segar. Belum lagi aneka taman bermain di Kaliurang dan hiburan perjalanan alam yang menyenangkan. Inilah sebab mengapa Kaliurang menjadi salah satu destinasi wisata keluarga yang favorit di Jogja, pilihan tepat untuk wisata anak-anak Anda di alam terbuka.
Eksistensi objek wisata Jogja yang satu ini telah berlangsung sejak zaman Belanda ada di Indonesia. Di masa itu, Kaliurang adalah salah satu tempat tujuan peristirahatan para nyonya dan meneer Belanda. Di masa kini, infrastruktur dan fasilitas publik di kawasan Kaliurang terjaga sedemikian baik dan semakin lengkap serta menjadi salah satu objek wisata andalah Sleman di Jogjakarta.
Alamat Kawasan Wisata Kaliurang: Desa Hargobinangun, Kec. Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta
Peta lokasi: klik di sini
Koordinat GPS: -7.596794,110.426213
Jadah Tempe Kaliurang
Jadah Tempe Kaliurang

Wisata Kaliurang Jogja

Di kawasan wisata Kaliurang, tedapat banyak tempat membeli makanan. Untuk urusan yang satu ini, Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan. Akan sangat tepat jika Anda juga turut mencoba sejumlah kuliner khas Kaliurang, beberapa di antaranya adalah sate kelinci dan makanan lainnya.
Oleh-oleh khas Kaliurang yang paling sering dibeli wisatawan yang datang ke sana adalah jadah dan tempe bacem. Jadah ini adalah makanan tradisional yang terbuat hanya dari beras ketan. Sementara tempe bacem adalah tempe yang dimasak dengan bumbu utama gula merah.

Jika Anda bersama keluarga atau datang dalam sebuah rombongan wisata ke Kaliurang, jangan pula lewatkan untuk menaiki sebuah kereta unik, masyarakat lokal menamainya Kereta Kelinci. Kereta ini akan membawa Anda dan rombongan mengitari kawasan Kaliurang. Anda dapat menemukan Kereta Kelinci ini di terminal Kaliurang.

Kereta Kelinci di Kaliurang
Kereta Kelinci di Kaliurang

Untuk satu kali putaran, rute yang akan dilewati adalah terminal Kaliurang – Taman Bermain – Gardu Pandang – Wisma Kaliurang – Bumi Perkemahan – Taman Wisata Plawangan Turgo. Soal harga, jangan khawatir sebab ongkosnya sungguh murah. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 3 ribu per orang untuk dapat menikmati perjalanan menggunakan Kereta Kelinci ini.
Tidak hanya Kereta Kelinci, Anda dapat menyewa mobil Land Rover yang akan membawa Anda berpetualang mengelilingi Kaliurang, dari area terjangan lahar Merapi hingga ziarah ke makam Mbah Marijan. Tersedia sejumlah pilihan rute yang diinginkan dan satu mobil dapat menampung hingga 7 orang.
Bagi Anda yang suka untuk berkemah, di Kaliurang juga terdapat bumi perkemahan yang dapat Anda gunakan. Lazimnya, bumi perkemahan ini dipergunakan bagi acara camping anak-anak Pramuka. Namun, tempat ini juga sangat terbuka bagi siapapun yang ingin menikmati camping di Kaliurang.
Area wisata Kaliurang juga memiliki sejumlah tempat peribadatan bagi Anda, dari masjid hingga gereja dapat Anda temukan di Kaliurang. Salah satu spot menarik dan kerap menjadi kunjungan religi para wisatawan adalah Bukit Doa Emalta. Inilah tempat di mana wisatawan yang beragama Nasrani datang dan berdoa di tempat ini.
Jika Anda masih ingat pelajaran sejarah, maka di Kaliurang ini pula pernah terjadi sebuah peristiwa sejarah, yakni perundingan khusus antara Indonesia dengan Komisi Tiga Negara pada tanggal 13 Januari 1948 yang melahirkan sebuah notulen yang disebut dengan Notulen Kaliurang. Bangunan yang menjadi tempat perundingan tersebut terkenal dengan nama Wisma Kaliurang.

Spot Menarik Wisata Kaliurang

Ada sejumlah tempat menarik di Kaliurang yang dapat kita kunjungi, di antaranya adalah sebagai berikut ini.

1. Tlogo Putri

Terletak di kaki bukit Plawangan Turgo, Tlogo Putri adalah perpaduan wisata alam dan wisata air yang disukai banyak wisatawan yang datang ke Kaliurang. Pesona wisata Kaliurang yang satu ini terdapat pada alamnya yang tenang, sejuk, menyegarkan. Sebuah danau (tlogo) kecil adalah tempat Anda dan anak-anak dapat bermain kano atau becak air.

Tlogo Putri Kaliurang
Tlogo Putri Kaliurang

Di sana, Anda dapat bermain flying fox jika suka, atau hanya sekedar berfoto-foto dan menikmati panorama alam sekitar. Untuk dapat masuk, Anda hanya akan dikenai biaya tiket masuk Tlogo Putri sebesar Rp 2.500 per orang, belum termasuk biaya parkir kendaraan.

2. Gardu Pandang

Inilah pos pengamatan Gunung Merapi dan saat ini menjadi salah satu tempat menarik di Kaliurang. Di Gardu Pandang, Anda dapat melihat Gunung Merapi dengan jelas meskipun ada kalanya gunung tersebut akan tertutup awan dan hal ini biasanya terjadi kala sore hari. Terletak di tepi kali Boyong, dari Gardu Pandang ini Anda dapat dapat menikmati pemandangan alam kawasan Kaliurang yang begitu asri. Memang, Gardu Pandang di Kaliurang ini tidaklah sebesar yang ada di Ketep Pass Magelang.

Gardu Pandang Kaliurang
Gardu Pandang Kaliurang

3. Museum Vulkanik Merapi

Inilah salah satu tempat terbaik di Kaliurang untuk mendapatkan berbagai hal informasi yang berkaitan dengan letusan Gunung Merapi. Di museum ini Anda dapat mengetahu asal mula proses terjadinya letusan hingga saat letusan terjadi.

Museum Vulkanik Merapi
Museum Vulkanik Merapi

Tidak hanya itu, Anda dapat mengetahui banyak hal tentang mitos yang berhubungan dengan Gunung Merapi tersebut.  Museum Vulkanik Merapi ini terletak di Jl. Boyong Harjobinangun, Kec. Pakem, Sleman.

4. Goa Jepang

Inilah goa di Kaliurang peninggalan tentara Jepang yang pada masa itu menjadikan goa ini sebagai tempat berlindung dari serangan sekutu serta menjadi tempat tinggal sementara mereka. Pesona unik goa ini adalah terdapat 25 pintu goa yang saling terhubung satu dengan lainnya dalam kondisi yang orisinil.
Goa Jepang Kaliurang
Goa Jepang Kaliurang
Anda harus melakukan trekking selama kurang lebih 45 menit untuk dapat tiba di goa ini. Satu hal lagi, Anda dapat menyaksikan panorama indah Gunung Merapi dari dekat tatkala melakukan perjalanan ke Nirmolo Kaliurang ini.

5. Taman Wisata Plawangan Turgo

Satu lagi suguhan panorama alam yang begitu indah, Anda dapat pergi ke Taman Wisata Plawangan Turgo. Hal ini tentu akan sangat menyenangkan bagi Anda yang menyukai olahraga lintas alam. Spot wisata Kaliurang yang satu memiliki hutan tropis yang tertata rapi serta terdapat bebatuan hasil letusan Merapi, gunung berapi yang berusia mencapai 40.000 tahun.

Taman Wisata Plawangan Turgo
Taman Wisata Plawangan Turgo
Dari tempat ini pula Anda dapat menyaksikan area atau kawasan yang pernah diterpa awan panas Merapi pada bulan November 1994 silam. Juga, Anda dapat menyaksikan kawanan monyet yang juga hidup di taman ini.

6. Taman Bermain Anak-anak

Tiada yang menyenangkan selain bermain bagi anak-anak Anda. Wisata Kaliurang menghadirkan sebuah kawasan taman bermain seluas 1 hektar bagi putra-putri Anda. Di taman bermain ini, tersedia beberapa permainan anak-anak, seperti ayunan, mobil-mobilan, dan lain sebagainya. Taman ini memiliki tanaman yang rindang, menghadirkan keteduhan bagi setiap orang yang singgah untuk berekreasi di sana.
Taman Bermain Anak-anak di Kaliurang
Taman Bermain Anak-anak di Kaliurang

Hotel dekat Kaliurang

Keberadaan hotel dan aneka penginapan di Kaliurang tersedia dalam jumlah yang banyak. Anda tidak perlu khawatir untuk menginap selama kunjungan wisata Kaliurang Anda. Dari hotel berbintang hingga penginapan, wisma, dan villa dapat Anda temukan dengan mudah.
Anda dapat menghubungi pihak hotel di sana atau mencari hotel di dekat Kaliurang secara online. Salah satu booking online yang populer di kalangan penikmat perjalanan adalah AGODA.


Transportasi ke Kaliurang

Perjalanan menuju kawasan wisata Kaliurang sangatlah mudah. Kondisi infrastruktur lokal yang baik memungkinkan Anda untuk tiba di Kaliurang dengan cepat. Pilihan moda transportasi darat juga tersedia dalam berbagai kendaraan yang disukai. Berjarak sekitar 28 km dari pusat kota Yogyakarta, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau melakukan perjalanan ke Kaliurang dengan angkutan umum. Pada umumnya, durasi perjalanan akan memakan waktu sekitar 1 jam untuk dapat tiba di lokasi wisata Kaliurang.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com