Selasa, 07 Juli 2015

5 Tempat Kuliner Tradisional Favorit Pembaca Gudegnet

Beberapa waktu yang lalu Gudegnet mengadakan jajak pendapat (polling) tempat kuliner masakan tradisional terfavorit di Jogja melalui twitter. Gudegnet memberikan pilihan sepuluh tempat kuliner tradisional di Yogyakarta. Dari daftar yang disediakan, para follower dan pembaca Gudegnet dapat berpartisipasi memilih tempat kuliner paling favorit menurut mereka. Dari hasil jajak pendapat tersebut berhasil diketahui 5 besar tempat kuliner favorit pembaca. Berikut hasil jajak pendapat selengkapnya.

Ayam Goreng Mbah Cemplung

Ayam Goreng Mbah Cemplung menempati posisi pertama sebagai tempat kuliner terfavorit pilihan pembaca. Ayam Goreng Mbah Cemplung memperoleh prosentase sebesar 35% (25 pemilih). Ayam goreng merupakan salah satu kuliner favorit di Yogyakarta. Selain Kalasan, sentra rumah makan ayam goreng sebenarnya tersebar luas di Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu rumah makan ayam goreng yang paling banyak dicari adalah Ayam Goreng Mbah Cemplung. Ayam gorengnya diolah dengan citarasa tradisional yang menggoda lidah.

Entok Slenget Pedes Kang Tanir

Tempat kedua ditempati oleh Entok Slenget Pedes Kang Tanir dengan prosentase sebesar 19% (14 pemilih). Slenget yang dimaksud di sini merujuk pada cabai yang dicampur dengan semur entoknya. Agar rasa pedas bersemanyam lebih lama di mulut, Kang Tanir menambahkan merica agar hangat dibadan.

Gudeg Pawon

Sama halnya dengan Entok Slenget Kang Tanir, Gudeg Pawon memperoleh prosentase sebesar 19% (14 pemilih) dan menempatkan Gudeg Pawon di posisi ketiga. Yogyakarta dan gudeg, merupakan dua hal yang tak terpisahkan, membuat kuliner yang satu ini selalu menjadi primadona. Salah satu warung makan gudeg yang paling populer adalah Gudeg Pawon. Lokasinya cukup susah dicari, namun inilah yang menjadi daya tarik bagi para pencinta kuliner untuk berburu makanan. 

Warung Empal Bu Warno

Posisi keempat ditempati oleh Warung Empal Bu Warno dengan prosentase sebesar 12,5% (9 pemilih). Warung ini yempil, menghadap ke selatan. Letaknya di lantai 2 Pasar Beringharjo, Yogyakarta. Menu andalan di warung ini Nasi Empal dengan sambal korek, petis dan lalapan. Daging empalnya terasa lembut, serat-seratnya juga mudah hancur, kres. Rasanya gurih. Ada cairan berwarna putih kental keluar dari daging yang terbelah. Aromanya sedap, tidak prengus atau anyir. 

Mangut Lele Bu Is

Posisi kelima ditempati oleh Mangut Lele Bu Is dengan prosentase sebesar 7% (5 pemilih). Kelezatan mangut lele ini juga terbukti tidak hanya digemari oleh kalangan masyarakat biasa. Buktinya, terpampang beberapa foto artis yang pernah mengunjungi mangut lele Bu Is. Seperti Bondan Winarno dan Benu Bulo. Maka bisa dipastikan setiap jam makan siang, tempat ini penuh dikunjungi oleh pembeli.
Lain-lain
Selain kelima tempat kuliner di atas, ada lima tempat kuliner lainnya yaitu, Soto Ayam Kampung Pak Slamet, Oseng-oseng Mercon Bu Narti, Pecel Wader Bu Amad, Mangut Welut Bu Surani, dan Sate Seturan yang mendapatkan total prosentase 7%. Informasi lengkap tentang tempat wisata kuliner tradisional dapat Anda lihat di sini.
Tidak ada salahnya Anda juga membuktikan kelezatan tempat-tempat kuliner di atas. Jika Anda memiliki tempat kuliner yang layak diulas oleh Tim Gudegnet sampaikan ide dan saran Anda ke info@gudeg.net atau mention ke akun twitter @gudegnet. Nantikan polling dari Gudegnet selanjutnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com