Rabu, 01 Juli 2015

Kamera Olympus Tanpa Layar Bisa Lengket ke Smartphone

Kini banyak orang lebih memilih mengabadikan momen lewat kamera ponsel ketimbang harus bawa kamera DSLR yang besar. Meski hasil jepretan kamera ponsel tidak sehebat DSLR namun konsumen lebih memikirkan kepraktisan. Hal inilah yang menjadi inspirasi produsen kamera Olympus untuk membuat kamera mirrorless atau tanpa layar.



Kamera bernama Olympus Air A01 ini memang tak memiliki layar sama sekali, hanya segelontor lensa saja yang sudah tersedia tombol untuk memotret dan menata objek. Kamera yang dirilis Selasa kemarin (30/6) akan dikendalikan sepenuhnya oleh smartphone. Ya, layar yang akan digunakan adalah layar smartphone yang terkoneksi dengan kamera.

Olympus A01 ini memiliki kekuatan kamera sebesar 16 megapixel. Cara untuk menggunakannya dengan disambungkan dengan smartphone anda, dan akan dikendalikan oleh sensor. Media penyimpanan pada smartphone dan baterai smartphone anda. Kualitas gambar yang dihasilkan pun setara dengan lensa DSLR pada umumnya.

Jika anda masih kurang puas dengan lensanya, Anda bisa mengganti lensanya. Untuk pengaturan mode gambar seperti fitur malam, siang, panorama, sephia, negatif, dll dapat diatur melalui smartphone anda.

"Kamera ini memberikan pengalaman yang luar biasa bagi fotografer, mereka akan lebih fleksibel membawa kameranya kemana-mana, mereka juga dengan mudah melihat-lihat hasil foto dan menghapusnya di smartphone sebagai kontrolnya," kata pihak Olympus. Selain itu, kamera unik ini juga dapat terhubung dengan WiFi dan bluetooth, mampu merekam video full 1080p HD, dan memiliki shutter speed yang sangat cepat 1/16.000 detik per jepret.


Lantas smartphone apa sajakah yang kompatibel dengan perangkat ini? Olympus memaparkan sementara ini hanya smartphone dengan sistem operasi Android dan iOS saja yang memiliki aplikasi Olympus Air. Aplikasi tersebut berisi mode penjepretan dan pengaturan kamera, dan bisa didapatkan di Playstore dan AppStore.
Karena masih baru, Olympus pun membuka kesempatan bagi para kreator dan pengembang program untuk turut serta membuat custom app, software, dan asesoris untuk Olympus Air.


                                              Olympus tanpa layar

Untuk baterai, Olympus Air termasuk irit, untuk satu kali charge, Olympus Air bisa menjepret hingga 320kali. Kamera ini baru akan dijual di wilayah Amerika Serikat dan Kanada per hari ini Rabu (1/7) dengan harga mulai USD$299 atau setara Rp 3,9 juta untuk bodi kamera, dan $499 atau Rp 6,6 juta untuk lensa berukuran 14-42mm.

"Kamera ini sangat cocok bagi anda yang hobi selfie, karena sangat mudah digenggam dan akan menghasilkan foto selfie berkualitas tinggi, Olympus Air juga bisa diletakkan diatas tripod jika anda ingin foto yang lebih fokus," kata petinggi Olympus. Keunikan kamera ini memang bukanlah yang pertama, karena Sony telah membuatnya terlebih dahulu dengan tipe Sony QX10 dan juga Kodak dengan tipe "Smart Less". Namun, kamera besutan Olympus ini patut diperhitungkan untuk dimiliki.

0 komentar:

Poskan Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com