Rabu, 01 Juli 2015

Kenali Penyabab Kesemutan Dan Mudah Lelah

 Insformasi Penting-Gejala kesemutan di tangan atau kaki merupakan gejala yang seringkali muncul, dan kadang kita mengabaikannya. Rasa lelah merupakan sesuatu yang seringkali dirasakan oleh seseorang. Rasa kesemutan bisa disebabkan oleh sesuatu hal yang tidak berbahaya dan hanya sementara. Rasa lelah bisa disebabkan oleh banyak hal, dari kurang tidur hingga disebabkan oleh berbagai jenis penyakit.



Berikut beberapa jenis penyakit yang menjadi penyebab kesemutan :

1. Diabetes
Diabetes merupakan penyebab tersering neropati perifer ( Neuropati perifer menjelaskan kerusakan sistem saraf tepi yang mengirimkan informasi dari otak dan sumsum tulang untuk setiap bagian dari tubuh.) dimana gejala utamanya adalah rasa kesemutan. Pada penyakit neuropati diabetes rasa kesemutan akan muncul pertama kali pada jari-jari dan akan naik ke kaki, terkadang juga muncul di daerah tangan.

2. Sindroma Gangguan Saraf
Beberapa penyakit seperti carpal tunnel syndrome, ulnar nerve palsy, dan radial nerve palsy.

3. Penyakit Sistemik
Beberapa penyakit seperti gangguan ginjal, gangguan hati, kerusakan pembuluh darah, gangguan keseimbangan hormonal, serta kanker bisa menimbulkan rasa kesemutan.

4. Kekurangan Vitamin
Vitamin E, B1, B6, B12 dan niacin merupakan vitamin esensial untuk kesehatan syaraf. Kekurangan vitamin-vitamin ini bisa menyebabkan gangguan syaraf sehingga bisa muncul keluhan kesemutan.

Penyebab Lainnya :
Kecelakaan, infeksi HIV/AIDS, infeksi cytomegalovirus, beberapa jenis bahan kimia seperti merkuri serta arsen hingga beberapa penyakit turunan seperti Charcot-Marie-Tooth disease bisa menyebabkan kesemutan.

Selain itu, ada beberapa penyakit lainnya yang sering menyebabkan kelelahan, halaman selanjutnya penjelasan selengkapnya.

Penyebab Sering Kesemutan dan Cepat Lelah :

1. Kurang Tidur
Kekurangan  jam tidur merupakan penyebab kelelahan yang paling sering muncul. Jam tidur normal adalah 7-8 jam dalam sehari.

2. Kekurangan Nutrisi
Kurangnya nutrisi serta kurang konsumsi makanan dapat menyebabkan rasa lelah. Jika Anda memulai hari dengan mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi maka bisa menyebabkan kelelahan. Sangat penting untuk konsumsi makanan yang bernutrisi tinggi terutama untuk sarapan pagi.

3. Depresi
Depresi tidak hanya menyebabkan gangguan emosional, tapi juga dapat menyebabkan gangguan fisik. Lelah yang berkelanjutan, nyeri kepala, hingga berkurangnya nafsu makan merupakan gejala yang dapat muncul pada depresi.

4. Diabetes
Saat Anda menderita diabetes, gula akan beredar di pembuluh darah dan tidak masuk ke dalam sel tubuh, hal ini dapat membuat Anda merasa cepat lemas.

5. Anemia
Anemia terjadi saat tubuh kekurangan darah untuk membawa oksigen. Hal ini bisa menyebabkan kelelahan yang kronis. Apabila Anda menderita anemia penting untuk konsumsi makanan yang tinggi akan kandungan besi seperti daging, sayuran hijau dan seafood.

6. Diabetes
Saat Anda menderita diabetes, gula akan beredar di pembuluh darah dan tidak masuk ke dalam sel tubuh, hal ini dapat membuat Anda merasa cepat lemas.

Apabila Anda sering merasa mudah lelah dan kesemutan, lebih baik Anda segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Baca juga : Tanda Bahaya Ketika Tubuh Sedang Tidak Sehat

Lelah dan kesemutan dapat juga disebabkan oleh kurangnya nutrisi dan vitamin, jadi ada baiknya Anda lebih banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi. Serta perbanyak makanan dengan sumber vitamin B6, B12, B1, C, E serta dengan kebutuhan protein, karbohidrat dan lemak yang cukup.

Semoga bermanfaat, salam sehat dan tetap semangat.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com