Selasa, 07 Juli 2015

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

Berenang adalah olahraga yang menyenangkan karena olahraga ini bisa menjadi sarana rekreasi. Anda bisa berenang bersama keluarga atau teman-teman anda. Tentu hal ini sangat menyenangkan untuk dilakukan. Anda bisa berenang di kolam renang, pantai, sungai, namun anda harus memperhatikan bagaimana dengan keadaan air di tempat-tempat tersebut. Apakah bersih, aman bagi kulit, aman dari bahaya binatang buas. Berenang juga memiliki beberapa resiko seperti infeksi kulit, infeksi mata dan telinga, diare, dan demam jika air untuk berenang tidak baik. Sangat penting untuk menggunakan tabir surya jika Anda berenang di luar ruangan, karena hal ini akan mengurangi panas matahari yang membakar kulit. Anda juga perlu untuk melindungi diri Anda dari berbagai macam bakteri, kuman air, dan mikroorganisme lain yang ditemukan dalam air laut, danau, kolam renang, dan mungkin mata air.



Berenang akan membuat seluruh otot tubuh bekerja, sehingga meningkatkan kekuatan otot dan kekuatan kardiovaskular. Dengan demikian, tubuh akan menerima asupan yang maksimum melalui berenang. Berenang mempunyai manfaat kesehatan bagi tubuh kita, seperti sebagai berikut :


1.Menguatkan otot -otot:

Orang yang berenang secara teratur memiliki jantung yang kuat dan stamina otot yang lebih baik . Mereka juga mungkin bisa menyembuhkan otot yang terluka lebih cepat dan efektif .

2.Menghilangkan Stres :

Ini adalah kegiatan yang dapat membuat Anda merasa rileks dan meningkatkan energi Anda. Banyak orang yang telah mendapatkan diri mereka terbebas dari stres dan kekhawatiran setelah berenang dengan cara yang baik .

3.Meningkatkan tinggi badan :

Anak-anak dan remaja yang dalam masa pertumbuhan akan mendapat hasil yang luar biasa dengan berenang, karena olahraga ini akan membantu membangun otot dan membantu pertumbuhan tulang. Anak-anak yang berenang secara rutin telah diketahui tumbuh lebih tinggi daripada penambahan berat badan berlebih.

4.Mencegah Obesitas :

Berenang adalah latihan yang sangat bermanfaat untuk mengurangi berat badan dan menghilangkan obesitas. Kegiatan ini akan membakar lebih banyak kalori dalam tubuh kita, karena lebih banyak bagian tubuh yang berbeda yang ikut dalam proses tersebut. Anda bahkan bisa membakar hingga 800 atau 900 kalori hanya dalam satu jam berenang. Banyak orang yang mengikuti berenang untuk tetap fit dan ramping.

5.Meredakan Sakit punggung :

Semenjak berenang diketahui tidak meregangkan jaringan ikat tubuh, itu adalah olahraga yang baik terutama bagi orang-orang penyandang cacat. Berenang juga bisa membantu individu yang menderita nyeri kaki hingga punggung bagian bawah, arthritis dan osteoporosis.

6.Kehamilan :

Kolam renang akan membantu memperkuat kedua otot yaitu otot perut dan otot bahu. Oleh karena itu, berenang adalah bentuk olahraga yang sangat berguna untuk wanita hamil. Latihan dalam air ini akan meredakan nyeri sendi dan ketidaknyamanan lainnya yang berhubungan dengan kehamilan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Melpomene Institute of Minneapolis telah mengkonfirmasikan bahwa berenang bagi wanita hamil akan mengurangi kerentanan terhadap keguguran jika dilakukan secara teratur . Sebaiknya untuk wanita hamil menggunakan cara berenang yang baik atau dipandu oleh instruktur renang.

7.Membantu perkembangan syaraf motorik pada bayi :
Bayi yang berumur masih kecil sekitar 4 bulan, apabila diajarkan berenang akan membantu perkembangannya.

8.Kanker Pay*dara :

Para ahli medis menyarankan untuk berenang bagi semua pasien pasca operasi kanker payudara, dalam rangka untuk menguatkan kembali otot-otot yang melemah. Namun disarankan juga bagi pasien untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai berenang .


 Semoga bermanfaat

0 komentar:

Poskan Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com