Rabu, 01 Juli 2015

Penyebab Haid Atau Menstruasi Tidak Teratur

 Gangguan haid atau haid tidak teratur dapat digolongkan menjadi dua golongan. Amenorrhea adalah keadaan dimana seorang wanita tidak mengalami menstruasi, bisa bersifat sementara atau menetap. Oligomenorrhea suatu keadaan dimana siklus menstruasi menjadi lebih lama, lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah pendarahan tetap sama.



Ilustrasi.

Amenorrhea dibagi menjadi primer dan sekunder. Amenorrhea primer terjadi pada wanita yang belum mengalami menstruasi pada usia 16 tahun, bisa disebabkan oleh kelainan genetik atau kondisi medis tertentu. Sedangkan amenorrhea sekunder terjadi ketika tidak terjadinya siklus menstruasi dalam 3 kali siklus berturut-turut dalam kurun periode lebih dari 6 bulan. Hal ini dapat disebabkan oleh ketidaksuburan atau osteoporosis.

Haid yang tidak teratur dapat disebabkan oleh :

Pubertas atau hampir menopause
Obat-obatan tertentu
Kondisi genetis seperti dysgenesis gonad, turner syndrome, congenital adrenal hyperplasia atau PCOS
Penggunaan kontrasepsi atau KB
Olahraga berlebih, penurunan atau peningkatan berat badan ekstrim, stress
Gangguan hormonal
Kondisi abnormalitas pada sistem reproduksi (seperti: kehamilan, gangguan hipotalamus atau pituitari, endometriosis dan kanker)

Ubahlah gaya hidup Anda seperti menjalani pola diet yang sehat, cukup makanan bergizi, cukup cairan,  istirahat dan berolahraga yang cukup dan jauhi stress. Jika menstruasi tidak juga dimulai walaupun usia Anda sudah 16 tahun atau tidak menstruasi selama lebih dari 6 bulan padahal Anda sedang tidak hamil atau menopause, cobalah berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

Semoga bermanfaat, salam sehat dan tetap semangat.

0 komentar:

Poskan Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com