Sabtu, 04 Juli 2015

Sinar Matahari Bermanfaat Bagi Tubuh

 Manfaat Sinar Matahari
Kulit terbakar matahari adalah kondisi yang disebabkan oleh sinar radiasi UVB yang terlalu tinggi dan radiasi UVB dapat mengakibatkan kerusakan DNA. Jika tubuh terlalu sering terpapar sinar matahari secara langsung dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker kulit dan katarak. Namun jika dimanfaatkan dengan tepat, sinar matahari dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita.



Berjemur sebentar, 10 sampai 15 menit dipagi hari akan memberikan manfaat kesehatan pada tubuh kita. Hindari berjemur antara jam 10.00 hingga jam 16.00, karena paparan UV matahari dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker kulit.

Sinar Matahari.
Ada beberapa manfaat dari sinar matahari :

1. Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium di dalam usus dan mengirim kalsium melalui membran sel, sehingga dapat menguatkan tulang. Vitamin D juga dapat memberikan perlindungan terhadap jenis kanker (seperti kanker paru-paru, prostat, dan kulit), osteoporosis, rakhitis, dan diabetes. Selain itu, vitamin D dapat membantu menurunkan kadar kolestrol darah sehingga membantu melawan penyakit jantung. Sinar matahari merangsang tubuh memproduksi vitamin D. Paparan sinar matahari pada wajah, leher, lengan, dan kaki selama 10-15 menit dapat menghasilkan 1.000 unit internasional (IU) sampai 3.000 IU, tergantung pada jenis kulit dan kebutuhan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh masing-masing dalam satu hari.

2. Merangsang produksi hormon Serotonin
Sinar matahari juga dapat merangsang produksi hormon serotonin, sebuah neurotransmitter di otak yang mengatur suasana hati. Tingkat serotonin yang cukup tinggi dapat menghasilkan suasana hati yang lebih positif dan cara berpikir yang tenang dengan mental yang fokus. Sinar matahari pada pagi hari juga bisa menambah suasana hati atau mood seseorang.

3. Atasi depresi
Orang dengan gangguan afektif musiman (SAD) dapat mengembangkan gejala depresi (seperti kehilangan minat pada kegiatan sehari-hari, merasa tidak memiliki tenaga atau kelelahan, dan kemurungan) pada bulan-bulan musim dingin atau ketika sinar matahari kurang terpancar. Sinar matahari dapat mengurangi gejala depresi dengan cara melepaskan endorfin. Endorfin sendiri adalah suatu anti-depresan alami yang dimiliki tubuh dan sangat berguna dalam kasus-kasus depresi musiman. Sinar matahari juga dapat membantu dalam kasus depresi kronis dan akut dengan cara merangsang sintesis edorfin. Itulah sebabnya kita merasa takut dalam suasana gelap.

4. Tingkatkan sirkulasi darah
Sinar matahari mapu meningkatkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit. Dengan begitu, nutrisi dan oksigen lebih banyak dibawa menuju sel-sel ketika pembuluh darah kapiler terbuka sehingga kesehatan pun menjadi lebih baik. Selain itu, jantung pun menjadi lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi ketika beristirahat dan mengurangi tekanan darah.

5.  Memperbaiki kulit
Berjemur dengan aman telah terbukti memperbaiki kondisi kulit kronis, seperti jerawat, eksim, dan psoriasis. Terpapar sinar matahari juga dapat menurunkan manifestasi dari tanda perengangan, bekas luka, dan ketidaksempurnaan kulit lainnya.

6.  Turunkan risiko kanker
Dengan vitamin D dan beberapa senyawa lainnya yang dapat menghambat pengembangan sel kanker. Paparan sinar matahari yang teratur dan terkontrol dapat melawan penyakit atau dapat menurunkan risiko dari berbagai bentuk kanker seperti  kanker usus, payudara, leukimia, kanker prostat, dan kanker ovarium. Tetapi hati-hati, jangan terlalu lama terpapar sinar matahari karena dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit dan katarak.

7.  Cegah diabetes
Sebuah studi baru menunjukkan bahwa dengan terpapar sinar matahari dan vitamin D yang cukup dapat mencegah diabetes tipe 1 pada anak-anak. Beberapa juga meyakini bahwa terpapar sinar matahari juga dapat menurunkan kadar gula darah dengan merangsang penyimpanan kadar gula didalam otot dan di hati.

8. Menguatkan sistem kekebalan
Sinar matahari dapat menguatkan sistem kekebalan tubuh, karena ketika terpapar sinar matahari, tubuh menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang membantu menangkal infeksi dan berbagai penyakit akibat bakteri, jamur, dan virus.

9.  Detoksifikasi tubuh
Sinar matahari dapat membantu kinerja ginjal. Hal ini bisa terjadi ketika seseorang mengeluarkan keringat dari tubuhnya karena paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari juga dapat membantu menghilangkan  racun dalam tubuh dengan memperbaiki fungsi hati. Selain itu, sinar matahari juga meningkatkan sirkulasi darah, sehingga racun-racun dalam tubuh bisa terbuang lebih efisien melalui darah.

10.  Memerbaiki kualitas tidur
Dengan terpapar sinar matahari, produksi melatonin akan meningkat. Melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pinea-organ tubuh berukuran seperti kacang kecil yang ditemukan di dasar otak. Melatonin sangat dibutuhkan untuk kualitas tidur yang baik. Bagi anda yang mempunyai masalah dengan insomnia atau gangguan susah tidur, Anda bisa coba mengatasinya dengan berjemur dipagi hari untuk mendapatkan sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi hormon melatonin di malam hari. Hormon ini berfungsi untuk membantu untuk bisa tidur lelap.

11. Memperbaiki sistem pencernaan
Sinar matahari juga merupakan pengobatan terbaik unutk meningkatkan nafsu makan. Selain itu juga dapat memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme. Namun bagi anda yang mempunyai rencana untuk menurunkan berat badan, paparan sinar matahari pagi hari ternyata juga bisa membantu menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme melalui stimulasi tiroid.

12. Membunuh mikroba
Itulah sebabnya kita harus menjemur karpet atau kasur yang susah untuk di cuci.

13. Mengobati penyakit kuning
Sinar matahari dapat meningkatkan fungsi daripada organ hati sehingga hal ini sangat efektif sekali untuk mengobati penyakit kuning.

14. Memperkuat sistem kardiovaskular
Paparan sinar matahari juga bisa memperkuat sistem kardiovaskular, meningkatkan sirkulasi darah, denyut nadi, tekanan arteri dan menormalkan kadar kolesterol.

15. Meringankan radang sendi
Sinar matahari juga mampu menolong anda dalam meringankan radang sendi dalam kasus arthritis.

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan mata, melanoma, dan kanker kulit. Jadi pastikan memilih waktu yang tepat untuk mendapatkan paparan sinar matahari serta melindungi kulit dengan mengenakan topi, pakaian yang tepat, atau menggunakan sun screen.

Manusia di Indonesia relatif banyak terpapar sinar ultraviolet setiap harinya dalam jangka waktu yang lama. Tetapi, orang Indonesia termasuk cukup beruntung karena memiliki banyak pigmen atau penyebab kulit berwarna coklat kehitaman. Pigmen pada kulit tersebut berfungsi melindungi tubuh dari paparan ultraviolet.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com