Senin, 31 Agustus 2015

Pulau Wayag, Surga Penyelaman di Raja Ampat

Pulau Wayag, Surga Penyelaman di Raja Ampat

 

Tahukah Anda tempat yang menjadi surga penyelaman di Raja Ampat? Tempat diving dan snorkeling terbaik itu adalah Pulau Wayag. Pulau Wayang berada di sebelah barat Kepulauan Raja Ampat. Posisi Pulau Wayag berada di Distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Pulau Wayag ini adalah ikon utama dalam wisata Raja Ampat. Untuk dapat sampai ke surga diving Raja Ampat ini, Anda harus menempuh perjalanan yang cukup jauh. Sebab, secara geografis lokasinya terletak di ujung Papua dan menjadi tempat paling jauh untuk dijangkau ketimbang beberapa pulau-pulau indah lainnya di Raja Ampat.
Kegiatan penyelaman atau snorkeling di Pulau Wayag adalah satu hal yang jangan sampai terlewatkan. Tak ada tempat snorkeling paling indah di Indonesia selain di Pulau Wayag Raja Ampat ini. Airnya begitu jernih, kawanan ikan berenang membentuk pemandangan indah di alam bawah lautnya. Terumbu karang yang hidup sebagai bagian dari ekosistem laut di Raja Ampat menyuguhkan pengalaman penyelaman terbaik yang mungkin belum pernah Anda dapatkan selama ini.

Panorama Indah Pulau Wayag

pemandangan pulau wayag raja ampat
Pemandangan Pulau Wayag Raja Ampat
Pulau Wayag di Raja Ampat ini dikenal dengan laut yang berwarna biru muda dan biru tua. Laut tersebut memiliki pulau-pulau kapur yang terbentang secara harmonis, di atasnya ditumbuhi pepohonan, yang membuat pulau-pulau kapur tersebut terlihat seperti gunung-gunung kecil berwarna kehijauan. Jika Anda ingin tahu seberapa indah pemandangan wisata Pulau Wayag ini, Anda dapat mendaki Pulau Karang. Pulau Karang ini cukup terjal, perlu paru-paru yang cukup kuat untuk dapat mendakinya hingga sampai ke atas. Dari puncak Pulau Karang inilah Anda dapat menyaksikan satu pemandangan alam paling indah di Raja Ampat, laksana surga yang tertata alami. Pendakian yang memakan waktu sekitar 30 menit akan terbayar dengan suguhan panorama alam yang memukau, sebuah momen yang patut Anda abadikan dalam kamera. Pemandangan alam yang menakjubkan ini sama sebagaimana yang ada di wisata Halong Bay Vietnam.

Transportasi Pulau Wayag

Transportasi-Pulau-Wayag
Transportasi Pulau Wayag
Untuk dapat sampai ke Pulau Wayag, Anda dapat menyewa kapal motor dari Sorong. Perjalanan ke tempat diving Raja Ampat ini akan memakan waktu sekitar 4-5 jam. Memang tidak mudah untuk dapat menikmati wisata Pulau Wayag di Raja Ampat. Faktor biaya adalah yang paling utama untuk dipertimbangkan. Jika Anda dari luar Papua, maka Anda akan tiba di Bandara Domine Eduard Osok (DEO). Dari bandara ini, Anda kemudian dapat langsung melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Perikanan Sorong. Anda dapat memilih menggunakkan angkutan kota (angkot), taksi, ojek, atau bahkan kendaraan sewaan. Setiba di pelabuhan, putuskan untuk langsung melanjutkan perjalanan ke Waisai. Waisai adalah ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Jika Anda memang ingin langsung ke Pulau Wayag tanpa perlu singgah di Waisai, Anda dapat menggunakan speed boat dari pelabuhan di Sorong. Biaya sewa speed boat ini adalah Rp 9 juta per hari. Perjalanan dari Sorong ke Pulau Wayag menggunakan speed boat akan memakan waktu sekitar 5 jam.

Resort dan Penginapan

Di Pulau Wayag tidak ada penginapan. Jika Anda ingin bermalam untuk dapat menikmati keindahan malam Pulau Wayag, maka Anda harus membawa peralatan berkemah. Alternatif lainnya, Anda dapat pergi ke pulau-pulau yang dekat dengan Pulau Wayag. Misalnya, Pulau Waigeo yang berjarak sekitar 3 km dari Pulau Wayag. Pulau Wayag adalah tempat wisata Raja Ampat yang termasuk dalam kawasan konservasi. Untuk dapat memasuki wilayah konservasi ini, setiap wisatawan harus memiliki ijin masuk yang diperoleh dengan membayar biaya sebesar Rp 250 ribu untuk turis domestik, dan Rp 500 ribu untuk turis mancanegara. Izin masuk ke kawasan konservasi Raja Ampat ini adalah berupa pin. Pin ini dapat Anda beli di Hotel JE Meridien, terletak persis di seberang Bandara Dominik Eduard Osok, Sorong.  Dengan pin inilah Anda dapat memasuki kawasan Raja Ampat dengan bebas selama satu tahun tanpa harus membelinya lagi. Pin ini adalah bagian dari tag konservasi alam Raja Ampat.
Untuk keperluan menginap, yang paling mudah adalah dengan mengambil penginapan di Waisai (ibukota Kabupaten Raja Ampat). Di Waisai ini, resort Raja Ampat banyak tersedia. Anda dapat mencari juga penginapan murah Raja Ampat di Waisai ini. Beberapa resor dan penginapan Raja Ampat yang siap melayani Anda di sana di antaranya sebagai berikut:
  1. Penginapan Acropora, tempat penginapan ini adalah milik dan dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat.
  2. Raja Ampat Dive Lodge, berada di Pulau Mansuar.
  3. Kri Eco Resort dan Sorido Bay Resort, adalah resort yang berdiri bersebelahan dan berada di Pulau Kri.
  4. Raja Ampat Dive Resort, adalah resort yang dibangun di antara hutan pulau Waigeo dengan pepohonan bakau yang hijau dan bersih.
  5. Papua Paradise Eco Resort, resort ini berada di Pulau Birie. Pulau ini adalah pulau yang tak berpenghuni.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com