Selasa, 25 Agustus 2015

inilah 20 tempat Wisata di Bogor Paling Terkenal Untuk Dikunjungi

Inilah 20 Tempat Wisata di Bogor Paling Terkenal Untuk Dikunjungi

Berbagai tempat wisata di Bogor sungguh menarik minat banyak kunjungan wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Bogor menawarkan Anda pengalaman wisata alam yang memikat serta aneka hiburan dan permainan yang menggembirakan.
Sekilas Wisata Bogor

Mengingat lokasinya yang terbilang dekat dari ibukota negara, ada banyak kunjungan masyarakat Jakarta dan wilayah di sekitarnya ke Bogor, terutama di kala akhir pekan dan hari-hari libur.

Sebagai sebuah wilayah geografis yang secara administratif terbagi dalam kotamadya dan kabupaten dan masuk dalam teritorial Jawa Barat, ada banyak tempat wisata di Bogor yang menghadirkan kenyamanan berekreasi tanpa memerlukan biaya besar.

Anda dapat mengeksplorasi keindahan alam dan pesonanya, seperti di daerah Puncak atau kawasan Sentul.

Selain itu, Kota Bogor juga terkenal akan kebun raya yang legendaris serta sejumlah wahana permainan dan hiburan yang menyenangkan. Seolah tak mau kalah, berbagai tempat kuliner Bogor serta jajanan khasnya yang nikmat juga diburu banyak kalangan pecinta kuliner.

Karena daya tarik wisatanya yang mempesonan, tidaklah aneh jika saat akhir pekan Anda akan menjumpai sejumlah ruas jalan di Bogor yang mengalami kemacetan sebagai akibat dari arus kedatangan wisatawan yang ingin berlibur di Bogor.

Jangan khawatir tentang akomodasi dan transportasi di Bogor. Terdapat banyak hotel di Bogor dan aneka penginapan lainnya yang dapat dipilih sesuai keinginan Anda. Kondisi transportasi yang terbilang baik adalah hal positif lainnya yang memungkinkan Anda dapat tiba di berbagai destinasi wisata Bogor secara mudah.

Tempat Wisata di Bogor


Untuk menambah khasanah Anda mengenai tempat-tempat menarik di Bogor yang patut dikunjungi, berikut ini adalah ringkasan tempat wisata di Bogor paling populer di kalangan penikmat perjalanan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Tempat Menarik di Kota Bogor

1. Kebun Raya Bogor & Istana Bogor

Jika Anda penyuka pemandangan hijau dan udara menyegarkan, maka Kebun Raya Bogor patut direkomendasikan. Kebun ini bukanlah destinasi rekreasi semata, melainkan juga pusat pendidikan dan lokasi observasi tanaman. Terdapat lebih dari 15.000 jenis pohon dan tumbuhan di sana.

Tempat wisata di Bogor yang satu ini telah dikembangkan sejak zaman Kerajaan Sunda Kelapa dahulu kala, dianggap pula sebagai Kebun Botani paling tua di Asia.
Menikmati udara sejuk dan ketenangan di Kebun Raya Bogor


Jika Anda menelusuri hingga ke area belakang kebun, terdapat sebuah danau yang indah, lokasinya cukup dekat dengan halaman belakang Istana Bogor. Selain itu, ada sebuah jembatan gantung yang mampu menghadirkan latar fotografi yang unik.

Anda juga dapat menikmati hidangan kuliner di sana, tepatnya di Cafe De daunan. Jika suka, Anda dapat mengenal dan menggali lebih banyak pengetahuan tentang kehidupan flora saat masuk ke Museum Zoologi yang ada di kawasan Kebun Raya Bogor.
Pemandangan depan Istana Bogor yang sungguh asri dan menawan


Sebagai bagian integral dari Kebun Raya, Istana Bogor adalah bagian yang tak terpisahkan daripadanya. Istana ini pada awalnya bernama Istana Buitenzorg. Ada banyak benda seni yang tersimpan di dalamnya, mulai dari lukisan, patung, keramik, dan lainnya. Tidak kurang terdapat 448 buah lukisan dan 216 buah patung yang dimiliki Istana Bogor ini.


2. Museum Etnobotani

Museum yang diresmikan sejak tahun 1982 oleh Menristek BJ Habibie pada masa itu memiliki koleksi sekitar 1700 benda dengan penomorannya masing-masing dan dipamerkan dalam ruang kaca. Benda-benda ini merupakan sampel yang digunakan para peneliti di berbagai daerah tatkala meneliti hubungan antara suku-suku asli suatu daerah di Nusantara dengan tumbuhan yang ada di sekitarnya.
Beberapa koleksi yang ada di Museum Etnobotani Bogor



Di Museum Etnobotani, Anda akan memperoleh banyak pengetahuan tentang aneka pemanfaatan tumbuhan oleh berbagai suku bangsa yang ada Indonesia. Salah satunya, pakaian suku pedalaman di Indonesia yang bahannya terbuat dari tumbuhan. Objek wisata Bogor yang satu ini sangat bermanfaat bagi para pelajar dan kalangan luas yang ingin menggali pengetahuan tentang Etnobotani.


3. Museum Pembela Tanah Air

Kota Bogor tidak hanya kaya akan tempat kulinernya, tetapi juga memiliki catatan sejarah dalam perjuangan Indonesia merdeka. Di masa penjajahan, Jepang pernah mengeluarkan sebuah dekrit untuk membentuk Tentara Sukarela Pembela Tanah Air (PETA) dengan maksud untuk membantu Jepang dalam menghadapi serangan Sekutu.

Tetapi, korps tentara inilah yang akhirnya menjadi cikal bakal ketentaraan Indonesia dalam meraih kemerdekaan Indonesia dan mempertahankannya.
Museum Pembela Tanah Air (PETA) di Kota Bogor


Anda akan mendapati banyak kisah perjuangan PETA menuju Indonesia merdeka tatkala berkeliling dalam museum Pembela Tanah Air ini. Ini penting untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme yang kuat di tengah gempuran arus zaman yang telah melunturkan rasa kebangsaan banyak generasi muda Indonesia di masa kini.

4. Situ Gede


Situ Gede adalah tempat wisata harian di Bogor. Dikatakan demikian karena banyak masyarakat Bogor yang datang ke Situ Gede untuk memancing, berperahu, atau sekedar berjalan-jalan di areal hutan Situ Gede dan bersantai di sana.


Selain itu, kawasan Situ Gede ini juga sering dijadikan sebagai salah satu lokasi pembuatan film atau sinetron yang pernah ditayangkan di televisi. Lokasi salah satu tempat wisata di Bogor ini berada persis di tepi Hutan Dramaga, sebuah hutan penelitian milik Departemen Kehutanan RI.


5. Warso Farm


Inilah objek wisata di Bogor bagi Anda yang menyukai buah durian. Warso Farm adalah sebuah perkebunan seluas 8,5 Ha dan merupakan pelopor dalam agrowisata durian di Indonesia. Terdapat sekitar 900 pohon durian di sana dengan varietas mencapai 19 jenis durian.
Menikmati durian dan agrowisatanya di Warso Farm Bogor


Tentu saja Anda tidak diperkenankan memetik buah durian dari pohonnya. Selain berkeliling dan memperoleh pengetahuan tentang durian, Anda dapat memesan dan menyantap hidangan buah durian pada tempat yang telah dipersiapkan, baik dalam bentuk jus durian atau memakannya langsung. Jika ingin membawa pulang durian sebagai oleh-oleh, Anda dapat memintanya pada pengelola di sana.


6. Kampung Budaya Sindangbarang
Diyakini, tempat wisata di Bogor yang satu ini telah eksis berdiri sejak abad ke-12. Berdasarkan Babat Pajajaran dan tertulis pula dalam pantun Bogor, Sindang Barang adalah keraton tempat tinggal salah satu isteri dari prabu Siliwangi. Inilah pilihan destinasi wisata budaya di Bogor bagi Anda yang ingin mengetahui kearifan lokal dari akar tradisi leluhur yang ada di sana.
Pertunjukan kesenian khas Sunda di Kampung Budaya Sindangbarang


Anda dapat menyaksikan bangunan rumah penghuni kampung yang sungguh seperti apa yang diriwayatkan pantun Bogor mengenai Sindang Barang di masa lampau. Ada pula panggung pementasan yang menyuguhkan kesenian asli Sunda Jawa Barat, seperti calung, tari-tarian tradisional, serta angklung gubrag. Di sini, Anda dapat menjumpai citra kasepuhan Sunda di masa lampau.

7. Prasasti Batu Tulis

Prasasti Batu Tulis adalah peninggalan Kerajaan Pajajaran yang dibuat pada masa pemerintahan Surawisesa di tahun 1521–1535. Surawisesa adalah salah satu putra Prabu Siliwangi. Di batu ini, terdapat kalimat-kalimat yang ditulis dalam bahasa dan aksara Sunda Kuno. Tujuan utama prasasti ini dibuat adalah untuk mengenang kebesaran Prabu Siliwangi tatkala memimpin Kerajaan Pajajaran.


Tidak hanya itu, di lokasi wisata Bogor ini juga dapat Anda saksikan Batu Tapak (bekas telapak kaki Prabu Surawisesa), meja batu bekas tempat sesajen pada setiap perayaan, batu bekas sandaran tahta bagi raja yang dilantik, batu lingga, dan lima buah tonggak batu yang merupakan punakawan (pengiring-penjaga-emban) dari batu lingga.

8. The Jungle Water Adventure


Inilah tempat wisata anak dan juga merupakan salah satu pilihan rekreasi keluarga di Bogor yang populer. Jungle Water Adventure dibangun dengan konsep terbuka hijau serta berlatar pemandangan Gunung Salak dan Gunung Pangrango. Anda dapat menikmati banyak wahana permainan air seru serta aneka hiburan yang menyenangkan di sana.

Beberapa waterboom dan wahana air yang dimiliki objek wisata Bogor yang satu ini, misalnya Kiddie Pool, Slide Pool, Racer Slide, hingga Spiral Slide dan Tube Slide yang memiliki panjang lintasan sekitar 100 meter dari ketinggian 12 meter.

Juga tersedia Leisure Pool, yakni tempat bersantai di tengah kolam renang sembari menyantap makanan dan minuman. Di area Fountain Futsal, anak-anak akan suka bermain futsal dengan semburan-semburan air dari bawah. Masih ada lagi Sinema 4D di sana yang merupakan Sinema 4 dimensi kedua di Indonesia setelah Dufan Ancol.

9. The Highland Park Resort

Ini adalah sebuah resort dengan konsep tempat menginap seperti yang ada di Mongolia. Bentuknya seperti tenda jika dilihat dari luar, tetapi bagian dalamnya memiliki lantai keramik permanen, fasilitas AC, tempat tidur, sofa bed, shower, wastafel, hingga toilet yang semuanya permanen. Dari tempat ini, Anda dapat menikmati lanskap indah Gunung Salak.


Sebagai sebuah tempat menginap berkonsep unik dan menawarkan pula sejumlah kegiatan wisata di Bogor, Anda dapat bermain flying fox atau futsal di kawasan Highland Park Resort. Berkuda hingga fasilitas kolam renang adalah hal lain yang dapat Anda nikmati.

10. Marcopolo Water Adventure

Ini juga adalah salah satu destinasi rekreasi anak di Bogor selain juga hiburan bagi keluarga. Di Marcopolo Water Adventure tersedia aneka wahana permainan air, misalnya waterboom, geitser, ember tumpah, air mancur, banana boat, dan lain-lain. Variasi kolam permainan air terbagi dalam kolam dewasa, kolam anak, kolam bayi, kolam arus, kolam pasir, dan kolam air hangat (whirpool).

Selain itu, tempat wisata Bogor yang satu ini juga memiliki area outbond yang tepat sebagai kegiatan wisata keluarga. Anda dapat memancing, bersepeda air, flying fox, dan aneka kegiatan rekreasi lainnya.

Tempat Menarik di Cisarua Bogor

11. Taman Safari Indonesia

Inilah taman safari pertama yang ada di Indonesia. Taman Safari Bogor merupakan destinasi yang diminati banyak kalangan penikmat perjalanan, terutama rombongan keluarga yang berpiknik bersama anak-anak di Bogor. Terdapat sekitar 2.500 spesies satwa dunia di taman ini.

Anda dapat mengelilingi taman dengan menggunakan mobil untuk menyaksikan dari dekat kehidupan satwa liar di habitat alaminya. Ada pula kereta gantung yang memungkinkan Anda menyaksikan fauna-fauna yang hidup di taman tersebut.

Pada sebuah spot bernama Baby Zoo, Anda dapat berfoto bersama anak-anak hewan dari ragam spesies. Cobalah menonton Wild-Wild West di taman ini, yakni sebuah atraksi koboi lengkap dengan efek suara yang sungguh mengagumkan.

12. Taman Wisata Matahari


Taman Wisata Matahari adalah kegiatan rekreasi dan edukasi anak-anak melalui berbagai kegiatan outbond. Destinasi ini adalah pula salah satu tempat wisata di Bogor yang disukai banyak keluarga.

Tersedia sejumlah sektor wisata untuk berbagai kalangan usia. Ada sektor petualangan yang menawarkan berbagai kegiatan pemacu adrenalin, seperti arung jeram, flying fox, mini outbond, ATV, dan wahana rumah hantu.


Ada pula sektor pendidikan untuk anak-anak melalui wahana area sawah dan kebun sayur. Selain itu, sektor permainan diperuntukkan bagi para anak agar mereka mendapatkan waktu bermain yang menggembirakan. Pada sektor alam, terdapat wahana kegiatan air yang menyajikan wisata danau dan aneka permainan air.


13. Agro Gunung Mas

Inilah salah satu pilihan tempat wisata di Bogor bagi Anda yang suka menikmati hamparan hijau tanaman teh. Horizon yang terlihat di Agro Gunung Mas laksana permadani hijau yang sungguh indah.



Di antara tanaman teh, terlihat beberapa pemetik daun teh yang menambah pesona alami objek wisata ini. Ada banyak pengunjung yang mengambil foto dengan latar hijau kebun teh serta para pemetik daun teh tersebut.


14. Taman Riung Gunung


Taman ini juga sungguh tepat bagi Anda yang ingin menikmati jalan kaki dengan memutari kebun teh yang hijau dan menghirup udara segar.



Tidak hanya itu, di Riung Gunung juga terdapat tempat bermain anak-anak, fasilitas kolam renang, serta area berkemah keluarga di alam terbuka. Di tempat rekreasi Bogor yang satu ini, Anda dapat mengambil penginapan yang berkonsep sederhana dengan nuansa alam yang dikelilingi kebun teh.

Tempat Menarik di Kabupaten Bogor

15. Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari berdiri di atas lahan seluas 264 Ha dan merupakan taman buah terbesar di Indonesia dengan koleksi sekitar 1470 varietas tanaman buah serta 100.000 pohon di sana.

Sebagai salah satu tempat rekreasi keluarga di Bogor yang disukai banyak kalangan, Taman Wisata Mekarsari mengusung konsep konservasi, reboisasi, edukasi, dan rekreasi. Anda dapat berkeliling menyaksikan koleksi tanaman buah dari seluruh dunia di taman ini dengan menggunakan kereta keliling.
Naik kereta keliling memutari Taman Wisata Mekarsari Bogor



Juga terdapat danau di mana Anda dapat menjajal permainan banana boat, angsa air, aqua bike, hingga floating donut. Kegiatan outbond bersama anggota keluarga juga dapat Anda nikmati. Tersedia pula paket-paket kegiatan menarik, misalnya Family Camp atau Family Biking Camp.


16. Gunung Pancar

Gunung Pancar adalah kawasan wisata alam di Bogor dengan fasilitas kolam pemandian air panasnya. Kawasan wisata ini sering dimanfaatkan sebagai tempat camping, kegiatan bersepeda, joging, hiking, hingga berkuda.


Anda dapat menyaksikan panorama alami khas hutan lindung yang dipenuhi pepohonan pinus. Sejumlah satwa hidup bebas di kawasan ini. Air panas Gunung Pancar berasal dari mata air alami, dialirkan lewat pancuran ke kolam-kolam rendaman. Ada banyak wisatawan yang menikmati pemandian air panas di sana guna mengembalikan kesegaran tubuh.

17. Air Terjun Bidadari

Inilah salah satu tempat rekreasi di Bogor yang disukai banyak kalangan penikmat perjalanan. Terletak dalam kawasan Sentul Paradise Park, air terjun berketinggian 75 meter ini bersumber dari mata air di hutan lindung yang ada di area tersebut.

Limpahan air terjun ini jatuh ke area yang buat sedemikan rupa sehingga mirip dengan kolam renang. Terdapat sejumlah kolam lainnya di sana, seperti kolam arus (Wave Pool) dan kolam anak-anak (Lazy Pool).

Di kawasan air terjun ini juga terdapat kegiatan menarik lainnya, misalnya perahu tangan dan flying fox. Air Terjun Bidadari selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama ketika akhir pekan dan masa-masa liburan.

18. JungleLand Adventure Theme Park

Tempat wisata Bogor yang satu ini dikembangkan dalam area seluas 35 Hektar dan terdapat lebih dari 31 wahana dan ragam atraksi yang menarik untuk dinikmati. Keseluruhan wahananya dirancang dalam konsep unik serta untuk berbagai segmen usia.

Tidak hanya itu, terdapat banyak menu kuliner yang ditawarkan berbagai cafe dan resto di kawasan JungleLand Adventure Theme Park ini. Hampir dapat dipastikan, Anda akan mengecap pengalaman menarik di sana dan merasa ingin kembali mengunjungi objek rekreasi Bogor ini.


19. Taman Budaya Sentul

Taman ini adalah salah satu pilihan untuk rekreasi keluarga di Sentul Bogor. Menempati areal lahan yang luas, terdapat fasilitas perkemahan serta pertemuan dalam balutan suasana yang nyaman.


Jika Anda membawa anak-anak, mereka dapat ikut melukis, membatik, serta membuat keramik pada spot Culture Center yang ada di Taman Budaya Sentul. Selain itu, Anda sekeluarga atau rombongan dapat menikmati berbagai kegiatan outbound high ropes, paintball, fun games, serta trekking. Tersedia paket-paket kegiatan yang dapat Anda pilih untuk rencana wisata Anda di Taman Budaya Sentul ini.

20. Air Panas Ciparay

Ciparay adalah juga salah satu destinasi yang disukai banyak wisatawan karena kolam air panasnya. Terletak dalam wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak, suasana di lokasi objek wisata Bogor yang satu ini terasa begitu alami.
Selain kolam pemandian, terdapat pula saung-saung untuk bersantai. Ada banyak warung di sana yang menyediakan hidangan kopi, teh manis, indomie rebus, hingga aneka makanan ringan.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com